Tuesday, July 29, 2014

Keseriusan Pemerintah Iran Menyongsong Imam Mahdi

Tahukah anda bahwa negara Iran sangat serius menyongsong kedatangan Imam Mahdi?  Bukanlah suatu kebetulan bahwa negara Iran di peta politik internasional nampak  sebagai salah satu negara yang ‘berani’ bersikap terhadap Amerika. Sebenarnya  faktor kuat keberanian itu adalah karena Iran punya keyakinan bahwa Imam Mahdi  akan muncul dan memimpin negara Iran untuk menguasai seluruh dunia. Meskipun secara logika nggak akan kuat melawan Amerika, namun toh itu bukan halangan  buat Iran.
Dalam keyakinan syiah, Imam ke-12 adalah Imam Mahdi, yang sedang ghaib dan akan muncul kembali di akhir zaman. Iran sebagai negara syiah, otomatis menjadikan keyakinan ini sebagai penentu garis besar haluan negaranya.
Berikut ini ada beberapa artikel yang dapat kita baca:
Kalau kita perhatikan perilaku negara Iran / kaum Syiah, nampak bahwa keyakinan akan datangnya Imam Mahdi tidak otomatis membuat orang menjadi fatalistik/pasif/menunggu saja. Justru dengan keyakinan ini negara Iran berani punya sikap.
Keyakinan terhadap Imam Mahdi, serta semangat juang karena Imam Mahdi sebenarnya bukan monopoli kelompok Syiah. Di Indonesia (yang dominan Sunni),  sebenarnya keyakinan terhadap Imam Mahdi cukup berakar, namun lebih sering dikenal dengan istilah Jawanya, yaitu Ratu Adil.  Imam Mahdi ini dalam hadis disebutkan juga bahwa kedatangannya diiringi orang lain, yang oleh orang Jawa disebut sebagai Satrio Piningit.
Dalam Syiah Imamiah, Imam Mahdi ini masuk dalam bagian keyakinan, sedangkan dalam  Sunni perkara Imam Mahdi ini bukan bagian dari keyakinan. Bagi orang-orang yang sangat merindukan munculnya kebenaran di  akhir zaman,  sudah selayaknya mempelajari secara teliti ilmu-ilmu tentang Imam  Mahdi ini. Insya Allah ilmu ini yang berasal dari Allah, dan diturunkan sebagai  hadis melalui Rasulullah, akan menjadi pendorong untuk kita memperbaiki diri dan mewujudkan sistem Islam yang penuh kasih sayang, bukan dengan kekerasan/militansi.

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar anda terhadap artikel ini