Wednesday, July 30, 2014

Susahnya Shalat Zaman Sekarang

Saya tertarik membaca blog pak Ary Ahmad Arman tentang shalat khusyu . Shalat yang khusyu tentulah sangat diinginkan oleh semua umat Islam.
Ketika saya introspeksi, saya merasakan di zaman ini sebenarnya susah banget mau shalat yang betul/sah, apalagi mau shalat khusyu. Permasalahan shalat zaman sekarang antara lain sebagai berikut
  1. Menyediakan waktu untuk shalat. Ketika sudah masuk waktu shalat, ada saja alasan untuk menunda shalat. Sedang rapat, sedang mengajar, ada deadline pekerjaan dan lain sebagainya. Ujung-ujungnya shalat ditunda, padahal para sahabat Rasulullah merasa sangat bersalah kalau sampai tidak shalat awal waktu. Rasulullah sendiri berpesan adalah shalat awal waktu lebih baik daripada setelah itu.
  2. Mencari tempat yang suci untuk shalat. Banyak tempat shalat yang terkena najis sehingga tidak dapat dipakai shalat. Uraiannya dapat dibaca di tips shalat sah, selain itu ada juga kawan saya yang membuat ulasan khusus tentang masalah najis di toilet.
  3. Tajwid. Dalam shalat ada beberapa bacaan yang perlu diucapkan secara jelas, tidak hanya dalam hati. Kalau tajwidnya tidak sesuai, dikhawatirkan arti yang kita ucapkan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Uraian dapat dibaca di tulisan tentang bacaan shalat yang wajib didengar sendiri.
  4. Ilmu tentang shalat. Amalan tanpa ilmu akan tertolak, demikan pula shalat tanpa mengetahui rukun shalat dan syarat sah shalat tidak diterima amalannya. Untuk ini perlu sekali-sekali melakukan penyegaran ilmu ibadah shalat.
Sekian dulu tentang shalat yang betul & sah. Tulisan tentang shalat khusyu nampaknya perlu ditunda dulu.

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar anda terhadap artikel ini